Jenis-jenis Kunir Putih yang Berkhasiat Untuk Pengobatan Berbagai Penyakit

Jenis-jenis Kunir Putih Beserta Manfaat bagi Tubuh Manusia

Kunir Putih merupakan jenis rempah  yang berbentuk rimpang dan masih ada kekerabatan dengan kencur. Dalam masyarakat umumnya kunir dimanfaatkan sebagai bahan penyedah dalam masakan. Namun tahukah anda  ada beberapa jenis kunir putih yang bisa dimanfaatkan sebagai pengobatan alternatif, seperti pengobatan penyakit berat maupun ringan. Berikut penjelasan berbagai jenis kunir yang berkhasiat untuk pengobatan berbagai penyakit. 


1. Kunir Putih Zedoaria (Curcuma Zedoaria).

Tumbuhan kunir  putih  jenis Zedoaria bisa mencapai 2,5 meter, tumbuh berkelompok dan daunnya memanjang berwarna merah lembayung disepanjang tulang tengah daunya. Bunga keluar dari rimpang samping menjulang keatas, mahkota berwarna putih dengan tepi bergaris merah tipis. Rimpang kunir putih jenis Zedoaria ini berwarna putih dan kuning muda dan rasanya sangat pahit. 

Kunir putih jenis ini sudah banyak digunakan secara tradisional dibanyak negara,terutama di Asia Tenggara sebagai obat selama berabad- abad. Dengan cara tradisional, rimpang kering dari kunir putih dipilih untuk diproses sebagai minuman atau diekstrak sebagai obat. Ekstrak rimpang kunir putih yang mengandung kurkumin telah digunakan sebagai obat tradisional  untuk mengobati penyakit lambung, stagnasi darah, perlindungan hati, diare, gangguan dermatosis, rematik serta melancarkan menstruasi. Aktivitas antimikroba, antihepatotoksik, antiinflamasi, aktivitas saraf dan efek sitotoksik terhadap sel kanker ovarium manusia. Diduga karena zat kurkumin yang terkandung dalam kunir putih.

Baca juga : 5 Tanaman Yang Ampuh Untuk Mengobati Penyakit Jantung
 


2. Kunir Putih Manggaval (Curcuma Manggaval) 

Kunir Putih jenis Manggaval secara morfologi hampir mirip dengan jahe, namun yang membedakan dan menjadi ciri khas yang tidak dimiliki oleh jenis kunir lainya adalam aroma daging kunir yang seperti buah mangga masak. 

Kunir Manggaval ini dikenal sebagai tanaman obat berjuta manfaat karena sudah banyak digunakan sebagai resep obat untuk berbagi macam penyakit. Dalam kunir putih jenis Manggaval  ini terkadang zat yang sangat bermanfaat untuk pengobatan, zat kurkumin yang terkandung dalam kunir putih dapat mengatasi peradangan antioksidan tinggi dalam kunir putih juga mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Serta zat RIP (Ribosome inacting protein) yang berfungsi untuk menonaktifkan, memblokir dan merontokan sel kanker dalam tubuh.  


3. Kunir Putih Rotunda (Curcuma Rotunda) 

Kunir Putih jenis Rotunda memiliki ciri-ciri sebagai berikut : daun bertangkai dan ukuran kunir kecil seperti kacang tanah. Kunir Putih Rotunda ini lebih akrab disebut sebagai kunir gombyok atau temu rapet. 

Secara tradisional, rimpang kunir putih ini digunakan sebagai obat sakit perut dan disentri. Umbi-umbiayan yang kecil dan berair berkhasiat mendinginkan. Temu rapet juga dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan bedak, campuran jamu untuk ibu melahirkan, dan penambahan nafsu makan. Selain itu kaempferia rotunda digunakan dalam pembuatan wangi-wangian, anti serangga serta dijadikan bahan makan seperti lalapan atau sayur-sayuran. Selain untuk pengobatan kunir ini juga digunakan untuk kosmetik dan tanaman ini bisa digunakan sebagai tanaman hias dikarenakan daun dan bunganya yang indah. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH SOAL TES ACAK KATA (SUSUN KATA MENJADI NAMA BINATANG) TES SUSUN KATA UNTUK MASUK PERUSAHAAN ATAU PT

Lowongan kerja PT Putra Putri Lestari Garmindo

Kisi-kisi Soal Psikotes dan Daftar Kunci Jawaban Tes Perusahaan melalui Yayasan Global

Lowongan kerja PT Gloria Origita Cosmetic