Faktor Penyebab Sulit Mendapatkan Panggilan Kerja

Dalam melamar pekerjaan  banyak  hal yang harus diperhatikan oleh seseorang pencari kerja dikarenakan setiap perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan sudah memberikan  kriteria - kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan. Banyaknya pelamar membuat perusahaan membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk menyeleksi berkas yang dikirim oleh pelamar dan melanjutkan ketahap seleksi selanjutnya. Yang membuat waktu seleksi berkas membutuhkan waktu yang lama dikarenakan jumlah pelamar yang sangat banyak dan jumlah lowongan yang dibuka sangat lah sedikit,   ketidak sesuaian ini yang membuat pihak perusahaan harus benar-benar memilih kandidat yang sesuai dengan kriteria perusahaan. Berikut adalah penyebab pelamar kerja atau pencari kerja belum mendapatkan panggilan kerja (susah mendapatkan pekerjaan)  dari perusahaan yang dilamar :


  • Usia. 
    • Usia yang tidak muda lagi. Setiap melamar pekerjaan diera yang sekarang usia sangat berpengaruh, dimana sebagian perusahaan besar membuka lowongan pekerjaan ditunjukkan untuk lulusan baru. Banyak perusahaan yang mencantumkan umur 19-23 tahun atau lulusan terbaru.  

  • Tinggi Badan. 
    • Tinggi  badan yang tidak memadai. Tinggi badan sangat berpengaruh disebagian perusahaan, jangkauan mesin produksi  yang tinggi membuat  alasan kenapa tinggi badan menjadi salah satu syarat  yang diperlukan. Setiap perusahaan membutuhkan tinggi badan mulai dari 160 - 170 cm. Dan setiap perusahaan memiliki kriteria tinggi badan masing-masing sesuai penempatan kariyawan baru nantinya.  

  • Lulusan dan Nilai. 
    • Nilai kelulusan  yang kecil. Kebanyakan perusahaan merekrut kariyawan mulai dari lulus SMK-SI  dan untuk nilai setiap perusahaan memiliki kriteria masing-masing mulai dari Nilai Akhir  Matematika  7,0 dan Bahasa Inggris  6,0 atau nilai rata-rata minimal  7,00 dan untuk lulusan SI dengan IPK : 3.00.  Dan ada juga sebagian perusahaan tidak mencantumkan syarat nilai seperti ini. 

  • Keahlian dan pengalaman.
    • Keahlian yang sudah biasa atau banyak yang menguasainya, membuat kita sulit untuk mendapatkan panggilan kerja seperti  Microsoft Word, hal ini hampir semua pencarian kerja dapat menguasainya, cantumkan keahlian yang jarang orang mampu atau dapat menguasai nya seperti Bahasa Asing atau Bahasa inggris. Banyak perusahaan sekarang yang membutuhkan keahlian dalam berbahasa Inggris dengan dibuktikan dengan sertifikat TOEFL untuk lulusan tertentu. Setiap perusahaan membutuhkan kariyawan yang berpengalaman untuk menempati lowongan yang dibuka dibuktikan  dengan memiliki sertifikat keahlian dan pengalaman kerja diposisi terkait. 
Baca juga :Hal yang wajib diperhatikan agar lolos tahap seleksi berkas 

  • Via Referensi 
    • Tidak adanya Orang dalam atau kenalan yang bekerja di perusahaan  yang membuat sulit mendapatkan panggilan kerja. Sekarang faktor keberhasilan lainya dalam melamar pekerjaan adalah via referensi atau lebih dikenal dengan bawaan kariyawan yang bekerja diperusahaan yang akan dilamar. Hal ini dikarenakan jika yang melamar pekerjaan  adalah bawaan dari kariyawannya itu dapat dipercaya oleh atasanya atau pimpinan.  Alasan yang diharapkan pimpinan adalah bawaan pelamar tersebut dapat bekerja atau memiliki  kemampuan yang sudah diharapkan dan jika terjadi masalah dapat dengan mudah menanyakan  kepada kariyawan yang membawanya bekerja. 






Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH SOAL TES ACAK KATA (SUSUN KATA MENJADI NAMA BINATANG) TES SUSUN KATA UNTUK MASUK PERUSAHAAN ATAU PT

Lowongan kerja PT Putra Putri Lestari Garmindo

Kisi-kisi Soal Psikotes dan Daftar Kunci Jawaban Tes Perusahaan melalui Yayasan Global

Lowongan kerja PT Gloria Origita Cosmetic