6 Cara Melamar Pekerjaan Diperusahaan Yang Wajib Diketahui Oleh Pencari Kerja

 Dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat, Sebagai Perusahaan  memanfaatkannya untuk membuat sebuah web untuk merekrut calon kariyawan baru , memanfaatkan Gmail untuk pengiriman lamaran pekerjaan, sebagainya perusahaan juga menggunakan jasa Yayasan, BKK, untuk  perekrutan kariyawan  baru dan pengiriman lamaran pekerjaan  menggunakan jasa Kantor Pos.  Dibawah  ini  adalah  beberapa  penjelasan cara melamar pekerjaan  diperusahaan - perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. 


1. Datang Langsung Ke Perusahaan 

Sebagian perusahaan masih memperbolehkan pelamar untuk datang langsung ketempat perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan dan memberikan lamarannya langsung kepos satpam. Untuk isi lamaran pekerjaan berupa Curriculum Vitae (CV) / Daftar Riwayat Hidup, Fotocopy KTP, Ijazah, Traskip Nilai, Npwp  dan lain-lain. 

2. Via pos

Via pos adalah pengiriman lamaran pekerjaan menggunakan jasa kantor pos dimana isi lamaran pekerjaan  berupa Fotocopy KTP, Ijazah, Traskip Nilai, Npwp, SKCK yang masih berlaku, dan lain sebagainya. 

3. Via email  

Via email adala lamaran pekerjaan yang dikiriman menggunakan aplikasi Gmail melalui media elektronik berupa smartphone, leptop dll. Untuk mengirimkan lamaran pekerjaan via email, kita wajib mengetahui  email perusahaan yang dituju. Dalam tampilan atau dashboard Gmail terdapat beberapa kolom yang wajib diisi. Seperti  gambar  berikut :

 

Penjelasan menu pada Gmail


 Keterangan :

  • Dari  :...... Berisi  email  yang digunakan untuk melamar pekerjaan.   
  • Kepada :...... diisi dengan email perusahaan  yang membuka lowongan pekerjaan.  
  • CC :........... berfungsi untuk mengirimkan email lebih dari  satu orang dan setiap  orang dapat mengetahui atau melihat  siapa aja yang mendapatkan isi email yang sama.   
  • BCC :......... berfungsi  untuk  mengirimkan email lebih dari satu orang  dan setiap  orang tidak dapat mengetahuinya siapa saja yang mendapatkan email dengan isi yang sama.  
  • Subjek :.......  diisi dengan posisi yang ingin dilamar.  
  •  Tulis email :... Berisi surat lamaran pekerjaan. 
  •   📎  : mencari file pdf sebagai  lampiran atau dokumen lamaran pekerjaan yang diminta perusahaan.  
  •  ▶️  : untuk mengirim lamaran pekerjaan kepada perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. 

Untuk mengirim lamaran pekerjaan via email, ukuran berkas lamaran maksimal 2Mb semakin kecil ukuran akan semakin bagus.  Untuk dokumen lamaran pekerjaan yang akan dikirim via email  sama halnya dengan dokumen lamaran pekerjaan biasanya seperti CV, Ijazah, Traskip Nilai, Npwp, SKCK dan lain-lain.  yang membedakan hanya seluruh dokumen discen atau difoto untuk kemudian dikirim kedalam komputer untuk disatukan menggunakan Microsoft Word kemudian disimpan dalam bentuk  Pdf. 

4. Via Web

Via Web adalah dimana  perusahaan sudah memiliki web yang dikhususkan bagi pencari kerja dimana didalam web tersebut terdapat informasi tentang  perusahaan, no telpon perusahaan dan alamat perusahaan dan posisi lowongan pekerjaan yang sedang dibuka. Dengan web tersebut akan lebih mudah untuk menyeleksi calon karyawan yang sesuai kriteria yang dibutuhkan, dan haya yang sesuai kriteria  yang akan mengikuti tes berikutnya. Berkas yang diperlukan untuk melamar pekerjaan via web : (CV) dalam bentuk PDF,  (Ijazah dan Traskip Nilai)  dalam bentuk PDF,  dan dokumen lamaran pekerjaan lengkap  dalam format pdf.    

5. Via Yayasan 

Via Yayasan  adalah penyalur tenaga  kerja yang sudah memiliki kesepakatan terhadap perusahaan yang menggunakan jasanya, dimana pihak yayasan akan memberikan kandidat atau pelamar yang sesuai dengan kriteria perusahaan, bisanya pihak perusahaan hanya melakukan tahap interview dan mcu saja. Untuk  peroses pisikotes atau tes tertulis dilakukan diyayasan yang bekerja sama oleh perusahaan tersebut. Tidak menutup kemungkinan interview juga dilakukan diyayasan. 

6. Via BKK 

Via BKK yaitu  sekolahan yang menyalurkan tenaga kerja kepada perusahaan yang membutuhkan kariyawan, sama halnya dengan yayasan, yang membedakan hanya lokasi  tes dilaksanakan disekolah. 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH SOAL TES ACAK KATA (SUSUN KATA MENJADI NAMA BINATANG) TES SUSUN KATA UNTUK MASUK PERUSAHAAN ATAU PT

Lowongan kerja PT Putra Putri Lestari Garmindo

Kisi-kisi Soal Psikotes dan Daftar Kunci Jawaban Tes Perusahaan melalui Yayasan Global

Lowongan kerja PT Gloria Origita Cosmetic