6 Cara Melamar Pekerjaan Diperusahaan Yang Wajib Diketahui Oleh Pencari Kerja
Dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat, Sebagai Perusahaan memanfaatkannya untuk membuat sebuah web untuk merekrut calon kariyawan baru , memanfaatkan Gmail untuk pengiriman lamaran pekerjaan, sebagainya perusahaan juga menggunakan jasa Yayasan, BKK, untuk perekrutan kariyawan baru dan pengiriman lamaran pekerjaan menggunakan jasa Kantor Pos. Dibawah ini adalah beberapa penjelasan cara melamar pekerjaan diperusahaan - perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan.
1. Datang Langsung Ke Perusahaan
Sebagian perusahaan masih memperbolehkan pelamar untuk datang langsung ketempat perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan dan memberikan lamarannya langsung kepos satpam. Untuk isi lamaran pekerjaan berupa Curriculum Vitae (CV) / Daftar Riwayat Hidup, Fotocopy KTP, Ijazah, Traskip Nilai, Npwp dan lain-lain.
2. Via pos
Via pos adalah pengiriman lamaran pekerjaan menggunakan jasa kantor pos dimana isi lamaran pekerjaan berupa Fotocopy KTP, Ijazah, Traskip Nilai, Npwp, SKCK yang masih berlaku, dan lain sebagainya.
3. Via email
Via email adala lamaran pekerjaan yang dikiriman menggunakan aplikasi Gmail melalui media elektronik berupa smartphone, leptop dll. Untuk mengirimkan lamaran pekerjaan via email, kita wajib mengetahui email perusahaan yang dituju. Dalam tampilan atau dashboard Gmail terdapat beberapa kolom yang wajib diisi. Seperti gambar berikut :
Keterangan :
- Dari :...... Berisi email yang digunakan untuk melamar pekerjaan.
- Kepada :...... diisi dengan email perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan.
- CC :........... berfungsi untuk mengirimkan email lebih dari satu orang dan setiap orang dapat mengetahui atau melihat siapa aja yang mendapatkan isi email yang sama.
- BCC :......... berfungsi untuk mengirimkan email lebih dari satu orang dan setiap orang tidak dapat mengetahuinya siapa saja yang mendapatkan email dengan isi yang sama.
- Subjek :....... diisi dengan posisi yang ingin dilamar.
- Tulis email :... Berisi surat lamaran pekerjaan.
- 📎 : mencari file pdf sebagai lampiran atau dokumen lamaran pekerjaan yang diminta perusahaan.
- ▶️ : untuk mengirim lamaran pekerjaan kepada perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan.
Untuk mengirim lamaran pekerjaan via email, ukuran berkas lamaran maksimal 2Mb semakin kecil ukuran akan semakin bagus. Untuk dokumen lamaran pekerjaan yang akan dikirim via email sama halnya dengan dokumen lamaran pekerjaan biasanya seperti CV, Ijazah, Traskip Nilai, Npwp, SKCK dan lain-lain. yang membedakan hanya seluruh dokumen discen atau difoto untuk kemudian dikirim kedalam komputer untuk disatukan menggunakan Microsoft Word kemudian disimpan dalam bentuk Pdf.
4. Via Web
Via Web adalah dimana perusahaan sudah memiliki web yang dikhususkan bagi pencari kerja dimana didalam web tersebut terdapat informasi tentang perusahaan, no telpon perusahaan dan alamat perusahaan dan posisi lowongan pekerjaan yang sedang dibuka. Dengan web tersebut akan lebih mudah untuk menyeleksi calon karyawan yang sesuai kriteria yang dibutuhkan, dan haya yang sesuai kriteria yang akan mengikuti tes berikutnya. Berkas yang diperlukan untuk melamar pekerjaan via web : (CV) dalam bentuk PDF, (Ijazah dan Traskip Nilai) dalam bentuk PDF, dan dokumen lamaran pekerjaan lengkap dalam format pdf.
5. Via Yayasan
Via Yayasan adalah penyalur tenaga kerja yang sudah memiliki kesepakatan terhadap perusahaan yang menggunakan jasanya, dimana pihak yayasan akan memberikan kandidat atau pelamar yang sesuai dengan kriteria perusahaan, bisanya pihak perusahaan hanya melakukan tahap interview dan mcu saja. Untuk peroses pisikotes atau tes tertulis dilakukan diyayasan yang bekerja sama oleh perusahaan tersebut. Tidak menutup kemungkinan interview juga dilakukan diyayasan.
6. Via BKK
Via BKK yaitu sekolahan yang menyalurkan tenaga kerja kepada perusahaan yang membutuhkan kariyawan, sama halnya dengan yayasan, yang membedakan hanya lokasi tes dilaksanakan disekolah.
Komentar
Posting Komentar