Mengukur atau Mengecek Pencapaian Penerapan Sistem Manajemen K3 (SMK3) pada Perusahaan

Mengukur Pencapaian Penerapan Sistem Manajemen K3 (SMK3) 

Guna mengetahui keefektifan penerapan SMK3  dan mengukur kinerja pelaksanaan SMK3, serta untuk membuat perbaikan-perbaikan maka diperlukan pelaksanaan audit SMK3. Selain itu melalui  audit SMK3 akan diketahui  perogram K3  apakah telah dilaksanakan sesuai  dengan kebijakan K3 yang telah ditetapkan pada suatu perusahaan. Untuk  mengukur dan menilai kegiatan usaha Keselamatan dan Kesehatan Kerja ditempat  kerja selalu selalu menggunakan tingkat kekerapan kecelakaan, tingkat keparahan kecelakaan, jumlah kerugian yang ditimbulkan, dan statistik kecelakaan. 


Audit Sistem Manajemen K3 (SMK3) 

Tujuan Audit SMK3 :

  • Menilai secara kritis dan sistematis semua potensi bahaya potensial dalam sistem kegiatan operasi perusahaan meliputi :
    • Tenaga manusia meliputi kemampuan dan sikapnya dalam kaitannya dengan K3. 
    • Perangkat keras meliputi sarana / peralatan proses produksi dan Oprasi, sarana pemadam kebakaran, kebersihan dan tata lingkungan. 
    • Perangkat lunak (manajemen) meliputi sikap manajemen, organisasi, prosedur, standar dan hal lain yang terkait dengan pengaturan manusia serta perangkat keras unit operasi. 
  • Memastikan bahwa pengelolaan K3 diperusahaan telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan pemerintah, standar teknis, standar K3 yang berlaku dan kebijakan yang ditentukan oleh manajemen perusahaan. 
  • Menentukan langkah untuk mengendalikan bahaya potensial sebelum timbul gangguan atau kerugian terhadap tenaga kerja, harta, lingkungan, maupun gangguan operasi serta rencana respon (tanggap)  terhadap keadaan gawat atau darurat sehingga  mutu pelaksanaan K3 dapat meningkat. 

Jenis - Jenis  Audit. 
Berdasarkan pelaksanaan audit  SMK3, dapat dikelompokkan menjadi dua jenis audit yaitu audit internal dan audit  eksternal. 
  • Audit Internal yaitu penilaian yang dilakukan oleh perusahaan sendiri yang bertujuan menilai efektivitas penerapan sistem manajemen K3 (SMK3)  diperusahaan  serta memberi masukan kepada pihak manajemen dalam rangka pengembangan secara terus menerus. Audit internal dilakukan oleh personil  indipenden terhadap bagian yang diaudit,bukan personil yang mempunyai hubungan terhadap bagian tersebut, sehingga mendapatkan hasil yang obyekyif. Audit  idealnya dilakukan 2 tahun satu kali dengan melibatkan seluruh bagian perusahaan. 
  • Audit Eksternal yaitu kegiatan pemeriksaan/penilaian yang dilakukan oleh badan audit yang indipenden, dimana bertujuan untuk menunjukkan penilaian terhadap sistem manajemen K3 (SMK3)  diperusahaan secara Obyektif dan menyeluruh sehingga memperoleh pengakuan dari pemerintah atas penerapan SMK3 diperusahaan.  Fungsi Audit Eksternal  ini yaitu  sebagai umpan balik yang mendukung dalam perkembangan pertumbuhan serta peningkatan kualitas SMK3  yang ada didalam perusahaan.  Manfaat  Audit Eksternal antara  lain :
    • Memberikan suatu evaluasi yang sangat kuat mengenai pelaksanaan K3 diperusahaan. 
    • Memberikan tata cara penyelenggaraan sistem pengawasan mandiri yang terus menerus terhadap sumber bahaya potensial dan K3 perusahaan. 
    • Memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang hubungan kerja menuju efisiensi secara menyeluruh.  


Elemen Audit Sistem Manajemen  K3 (SMK3) 

Elemen Audit SMK3 terdiri atas 12 elemen yaitu :
  1. Pembangunan  dan pemeliharaan  komitmen  yaitu pihak manajemen dan seluruh kariyawan  membangun komitmen K3 dan bersama-sama memelihara komitmen tersebut. 
  2. Strategi pendokumentasian yaitu perusahaan mendokumentasikan seluruh sistem, prosedur, Intruksi kerja dan formulir yang berkaitan dengan K3 ditempat kerja. 
  3. Peninjauan ulang perancangan dan kontrak yaitu perusahaan melakukan peninjauan ulang untuk setiap disain dan kontrak yang ada yang berkaitan dengan  aspek-aspek K3. 
  4. Pengendalian dokumen yaitu perusahaan memiliki pengontrolan dokumen yang berhubungan dengan aspek K3 untuk memberikan status dokumen, tanggal dan persetujuan. 
  5. Pembelian yaitu perusahaan mengintegrasikan aspek-aspek K3 dan melakukan pembelian. 
  6. Keamanan bekerja berdasarkan sistem manajemen  K3. 
  7. Standar pemantauan. 
  8. Pelaporan dan perbaikan kekurangan 
  9. Pengelolaan material dan perpindahannya. 
  10. Pengumpulan dan penggunaan data
  11. Audit Sistem Manajemen K3 
  12. Pengembangan ketrampilan dan kemampuan. 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH SOAL TES ACAK KATA (SUSUN KATA MENJADI NAMA BINATANG) TES SUSUN KATA UNTUK MASUK PERUSAHAAN ATAU PT

Lowongan kerja PT Putra Putri Lestari Garmindo

Kisi-kisi Soal Psikotes dan Daftar Kunci Jawaban Tes Perusahaan melalui Yayasan Global

Lowongan kerja PT Gloria Origita Cosmetic