Tips Agar Tidak Tertipu Saat Mencari Pekerjaan

Banyaknya pencarian kerja dan lulusan-lulusan baru yang sedang susah mencari pekerjaan, dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk mendapatkan keuntungan nya sendiri. Dibawah ini adalah hal yang wajib diperhatikan setiap melamar dan mendapatkan panggilan pekerjaan agar tidak tertipu  : 


  • Nama perusahaan jelas,  dibuktikan dengan Google Maps jika tidak terdaftar harap berhati-hati.  Jika perusahaan tersebut baru,  terlebih dahulu mengecek lokasi atau bertanya dengan orang yang dekat dengan lokasi perusahaan tersebut. 

  • Alamat lengkap perusahaan,  dibuktikan dengan pengecekan digoogle maps apa sama lokasi perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan.  

  • Lowongan perusahaan, setiap perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan atau resmi dari perusahaan tidak pernah  dikenakan biaya apa pun dalam perekrutan calon kariyawan baru. Kecuali melalui perantara yayasan resmi yang sudah bekerja sama dengan pihak perusahaan. 
 
Baca juga : Daftar Pertanyaan Saat Interview Kerja Oleh HRD 

  • Panggilan Tes, setiap mendapatkan panggilan tes harap berhati-hati jika dikenakan biaya untuk uang registrasi tes, atau menggunakan jasa trevel sejenis nya. Setiap perusahaan resmi biasanya langsung menunjukkan alamat lengkap perusahaan jika mendapatkan panggilan kerja dari email,  tanpa menggunakan jasa trevel atau biaya sebagai uang tes. Kecuali melamar pekerjaan diyayasan penyalur tenaga kerja setiap tes akan dikenakan biaya yang sudah tertera.  Cek kesesuaian alamat  perusahaan dengan alamat  panggilan kerja, jika mendapatkan panggilan kerja dengan alamat yang tidak sesuai harap berhati-hati dan mengecek nya terlebih dahulu. Atau bisa bertanya kepada rekan yang sudah tes dialamat tersebut.

  • Jika ingin mencari lowongan pekerjaan lewat jalur khusus  harap perhatikan nama perusahaan, alamat lengkap perusahaan  atau yayasan yang bekerja sama dengan pihak perusahaan.  Usahakan pembayaran dilakukan setelah tanda tang kontrak langsung diperusahaan tersebut atau yayasan resmi yang telah bekerja sama dengan perusahaan. Harap berhati-hati jika melakukan pembayaran sebelum tanda tangan kontrak perusahaan. 


Note : jika ada yang lain bisa ditambahkan di kolom komentar untuk membantu teman-teman yang sedang mencari pekerjaan agar tidak tertipu. 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH SOAL TES ACAK KATA (SUSUN KATA MENJADI NAMA BINATANG) TES SUSUN KATA UNTUK MASUK PERUSAHAAN ATAU PT

Lowongan kerja PT Putra Putri Lestari Garmindo

Kisi-kisi Soal Psikotes dan Daftar Kunci Jawaban Tes Perusahaan melalui Yayasan Global

Lowongan kerja PT Gloria Origita Cosmetic