Hal Wajib Diperhatikan Saat Wawancara Online

Mempersiapkan  wawancara  kerja lewat telepon 

Wawancara  secara online atau wawancara daring.  Pada era digital  seperti  sekarang ini wawancara  secara  online  melalui  media telepon sudah banyak  digunakan  oleh  sebagian  perusahaan, hal ini dilakukan dengan mempertimbangkan waktu dan biaya.  Zoom adalah  salah  satu aplikasi  yang dimanfaatkan  untuk  melakukan  wawancara secara online, dalam wawancara secara  online  terdapat tatap muka dengan perantara layar. Oleh karena itu, apabila dalam waktu dekat kamu diharuskan  melakukan  wawancara secara  online, ada beberapa hal yang harus  diperhatikan seperti berikut :

  • Gunakan koneksi internet  untuk menghindari gangguan teknis. Berhubung kamu akan melakukan wawancara secara online, kamu tentunya harus memastikan koneksi internet  setabil. Hal ini menjadi penting untuk  menghindari gangguan teknis, apabila  konekai internet tidak setabil akan sulit  memahami pertanyaan yang diberikan oleh hrd. 
  • Pilihlah tempat yang mendukung sesi wawancara dan tidak ada suara berisik atau gaduh. Pastikan kamu memilih tempat yang tempat untuk melakukan wawancara kerja secara online karena akan terlihat dilayar wawancara. Pemilihan latar belakang yang bagus akan menjadi  nilai tambah bagi kamu dihadapan hrd. Pastikan  ruang  yang digunakan untuk  wawancara tidak berisik atau gaduh yang memberikan kesan buruk dihadapan hrd. Ruangan  yang berisik  juga akan memecahkan konsentrasi  dalam sesi wawancara. 
  • Kenakan pakaian yang rapih dan formal. Meskipun kamu melakukan  sesi wawancara secara online. Pastikan kamu memberikan penampilan  selayaknya pekerja. Kamu tetap harus berdandan, berpakaian rapih dan sopan. Hal ini memberikan kesan profesional. 
  • Siapkan buku dan pena. Keuntungan wawancara secara  online kita dapat  menulis pertanyaan yang diberikan hrd, untuk menjadi  acuan pada saat wawancara diperusahaan lain. 


Saat wawancara berlangsung perhatian hal berikut :
  • Lihat kearah kamera ketika menjawab, bukan kearah layar. 
  • Senyum. Meskipun tidak bertatap muka secara langsung, senyum akan membuatmu lebih santai dan memberikan kesan positif kepada hrd yang mewawancarai. Secara tidak langsung, senyum mempengaruhi nada suaramu. 
  • Bicara dengan pelan dan jelas. Tidak usah buru-buru menjawab, dengarkan pertanyaan hrd dengan seksama dan persiapkan jawab dengan baik. 
  • Berikan jawaban yang singkat dan mudah diingat serta jawaban yang tidak bertele-tele agar mempermudah hrd untuk menangkap isi dari jawabanmu.
  • Gunakan panggilan yang sopan (Bapak/Ibu) atau gunakan nama mereka yang disebutkan diawal percakapan. 
  • Siapkan salinan cv dan dokumen lain yang dibutuhkan, sehingga jika dibutuhkan kita bisa langsung membukanya. 
  • Siap pena dan kertas  kosong ketika dibutuhkan untuk mencatat  hal-hal penting  yang perlu dicatat.

 

Artikel terkait :Cara melamar pekerjaan agar lolos tahap seleksi berkasCara mengerjakan soal kreplin dan Soal tes matematika dasar


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH SOAL TES ACAK KATA (SUSUN KATA MENJADI NAMA BINATANG) TES SUSUN KATA UNTUK MASUK PERUSAHAAN ATAU PT

Lowongan kerja PT Putra Putri Lestari Garmindo

Kisi-kisi Soal Psikotes dan Daftar Kunci Jawaban Tes Perusahaan melalui Yayasan Global

Lowongan kerja PT Gloria Origita Cosmetic