Usia Produktif atau Usia Terbaik Untuk Mencari Pekerjaan Diperusahaan

Dibawah ini adalah usia  produktif paling tepat untuk mencari pekerjaan serta informasi lowongan pekerjaan yang cocok bagi usia muda. 

Usia 18-20 tahun atau  lulus baru Sekolah Menengah Atas (SMA)  atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).  Pada usia ini dimana kebanyakan remaja baru lulus masih bimbang untuk melanjutkan pendidikan kejenjang Diploma, Sarjana  atau memilih Bekerja dan sebagian remaja masih asik kebawa masa sekolah SMA atau SMK untuk bersantai-santai dan bermain  bersama teman-teman.  Pada hal dimasa ini adalah  masa paling mudah dalam mencari pekerjaan dimana banyak perusahaan membuka  lowongan kerja yang diprioritaskan untuk  usia muda. Pada usia ini banyak perusahaan yang membuka  lowongan pekerjaan untuk posisi Operator Produksi.  Untuk  sebagian perusahaan memberikan kriteria  tinggi badan minimal 165 cm bagi laki-laki  dan 160 cm bagi perempuan untuk perusahaan Otomotif.  Untuk standar  nilai rata-rata yang ditetapkan oleh setiap perusahaan berbeda-beda dari tahum ke tahun.


Usia 21-23 tahun pada usia ini, jika kita tidak segera melamar pekerjaan, bermalas-malasan dirumah dan asik bermain bersama teman-teman. Bagi yang melanjutkan pendidikan kejenjang Diploma atau Sarjana dengan lulus 3 - 4 th kita baru akan lulus kuliah atau wisuda diusia ini. Itu pun jika tidak ada kendala saat program kuliah berlangsung. Disaat mencari pekerjaan IPK sangat berpengaruh untuk mencari pekerjaan diperusahaan untuk Universitas Negeri IPK minimal 2,75 - 3,00 dan untuk Universitas Swasta 3,00 - 3,50 dilengkapi dengan sertifikat keahlian yang dimiliki, jika IPK  lebih kecil dari standar diatas kita cukup sulit untuk mendapatkan panggilan kerja diperusahaan.  saat mencari pekerjaan diperusahaan itu tidak terlalu sulit  dikarenakan kita masih lulusan baru dan tidak dipertanyakan mengenai pengalaman kerja. Berbeda dengan lulusan SMA atau SMK membuat kita sulit dalam lolos tes perusahaan dimana dalam  proses interview dengan HRD  kita akan ditanya, apa saja yang telah kita lakukan  selama lulus sekolah sampai  saat ini.  Jika jawaban  kita tidak sesuai  atau menandakan kita pemalas  akan sangat sulit untuk mendapatkan pekerjaan diperusahaan yang kita impikan.  Berbeda  halnya jika kita memiliki  pengalaman bekerja, hal ini akan memudahkan kita saat interview dengan HRD  dan memiliki nilai tambah  dimata HRD serta peluang lebih besar  untuk diterima diperusahaan tersebut.  


Usia 24-25 tahun dimana diusia ini kita diwajibkan berpengalaman untuk lulusan  Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Untuk  Diploma atau  Sarjana.  Pada setiap  informasi lowongan  pekerjaan disebagian perusahaan mencantumkan wajib pengalaman  jika usia 24 - 25 tahun. Atau kita memiliki skill khusus dibuktikan dengan sertifikat jika kita mengikuti pelatihan seperti Forklift, Web atau sebagainya. 


Usia 26 - 27 tahun pada usia ini setiap perusahaan membuka lowongan kerja dan membutuhkan kandidat atau kariyawan yang memiliki pengalaman kerja 1 -  5 tahun untuk mengisi posisi  yang kosong pada perusahaan tersebut. Pada umumnya setiap perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan untuk pengalaman yang lama akan mendapatkan posisi yang cukup menjanjikan. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH SOAL TES ACAK KATA (SUSUN KATA MENJADI NAMA BINATANG) TES SUSUN KATA UNTUK MASUK PERUSAHAAN ATAU PT

Lowongan kerja PT Putra Putri Lestari Garmindo

Kisi-kisi Soal Psikotes dan Daftar Kunci Jawaban Tes Perusahaan melalui Yayasan Global

Lowongan kerja PT Gloria Origita Cosmetic